Piagam dan Tropi Pemenang IGA (Innovative Government Award) dan Penganugerahan KotaBISA (Kotamobagu Bersih Indah Sanitasi Aman) diserahkan Walikota
Diposting pada : 28 September 2020 / Dilihat : 34

Kotamobagu -  Walikota Kotamobagu Ir. Tatong Bara, menyerahkan secara langsung Piagam dan Tropi serta uang pembinaan kepada  pemenang penganugerahan IGA (Innovative Government Award) kategori umum dan Piagam serta Tropi kepada pemenang kategori perangkat daerah. Selain itu pada kesempatan yang sama juga diserahkan Piagam dan tropi pemenang Penganugerahan kotaBISA (Kotamobagu Bersih Indah Sanitasi Aman) kategori Desa dan Kelurahan tahun 2020. adapun acara tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Walikota, Senin (28/08/2020).

Kepala Bappelitbangda, Sofyan Mokoginta, SH mengatakan dua penghargaan ini merupakan bentuk inovasi Bappelitbangda dalam hal mendorong arah penyelenggaraan pemerintah daerah dan pembangunan daerah yang selaras dengan penerapan good governance serta meningkatkan pertisipasi masyarakat terhadap proses inovasi yang sedang dilakukan Pemerintah Daerah. selain itu juga untuk mendorong serta membina desa/kelurahan akan pentingnya layanan sanitasi yang aman bagi warganya sekaligus meningkatkan akses pendanaan untuk pembangunan sanitasi.

"pesertra yang mengikuti penganugerahan kotaBISA Award terdiri dari 33 desa/kel dan untuk IGA kategori umum diikuti oleh 22 inovator dan kategori perangkat daerah  diikuti oleh 22 OPD. penganugerahan ini akan kembali dilaksanakan oleh Bappelitbangda pada tahun 2021, dengan harapan agar pemahaman masyarakat dan Perangkat Daerah tentang proses Inovasi dalam penyelenggaran Pemerintah bisa meningkat dan pemahaman pemerintah di level desa dan kelurahan akan pentingnya sanitasi yang layak terutama untuk pengelolaan air limbah dan persampahan". tambah sofyan

DAFTAR PEMENANG kotaBISA Award

1. Kategori Kelurahan

Peringkat I : Kelurahan Motoboi Kecil

Peringkat II : Kelurahan Mongkonai Barat

Peringkat III : Kelurahan Biga

2. Kategori Desa

Peringkat I : Desa Bilalang I

Peringkat II : Desa Kopandakan I

Peringkat III : Desa SIA

 

DAFTAR PEMENANG IGA 

1. Kategori Umum

Juara I : Kadriyanto Mokoagow (Judul Inovasi : Mesin Pemecah Kemiri)

Juara II : Juhari T. Atmojo (Judul Inovasi :  Ubah Air Kelapa Jadi Pupuk Organik)

Juara III : Arpan Parutang (Judul Inovasi : Aplikasi Masjid Pobundayan)

Juara IV : BMR FOX (Judul Inovasi : Literasi Bahasa Mongondow)

Juara V : Tim Satu Plus (Judul Inovasi : Star Up Satuplus.Com)

Juara VI : Ainur Rofik (Judul Inovasi : Bank Jelantah)

2. Kategori Perangkat Daerah

Juara I : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Judul Inovasi : SIMPELKAN CEPATU (Sistem Pelayanan Akta Kematian Cepat dan Tepat Waktu))

Juara II : Dinas Komunikasi dan Informasi (Judul Inovasi : KINALANG (Klinik Aspirasi dan Layanan Pengaduan))

Juara III : UPTD Puskesmas Gogagoman (Judul Inovasi : Si Pepen Sehat (Sistem Pendaftaran Dan Pelayanan Kesehatan))

Juara IV : Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Judul Inovasi : JEMARIKU (Jejaringan Masyarakat Agrowisata Mandiri Kotamobagu))

Juara V : Dinas Pendidikan (Judul Inovasi : Si-Pantas (Sistem Informasi Manajemen Penanganan Anak Tidak Sekolah/ATS))

Juara VI : Dinas Pertanian dan Perikanan (Judul Inovasi : Pengembangan Kawasan Pertanian Organik dan Agrowisata Cluster kopi melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa di Perkebunan Mobalang Desa Poyowa Besar I dan Poyowa Besar II Kecamatan Kotamobagu Selatan)

 

Sumber : Admin